oleh

Serahkan Alsintan, Bupati Basel Harap Program Swasembada Beras Dapat Tercapai

BANGKA SELATAN — Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, menyerahkan Penghargaan Alsintan Combine Harvester kepada UPJA Margajaya Desa Rias serta penyerahan simbolis kegiatan APBN Tahun Anggaran 2021 di Upja Marga Jaya Desa Rias, Senin (29/03/2021).

Penghargaan kegiatan perbengkelan Alsintan, berupa 1 unit Combine Harvester kepada UPJA Marga Jaya Desa Rias, bantuan rehabilitasi jaringan irigasi rersier Desa Rias dan Desa Batu Betumpang, bantuan optimasi lahan rawa seluas 100 Ha Desa Gudang, bantuan optimasi lahan rawa seluas 200 Ha di Desa Fajar Indah serta bantuan embung pertanian Desa Serdang.

Dengan adanya tambahan 1 unit combine harvester diharapkan Bupati dapat membantu para petani disaat panen yang selama ini masih kekurangan alsintan sehingga capaian produktivitas hasilnya baik kualitas maupun kuantitas didapatkan oleh petani.

“Sehingga Kabupaten Bangka Selatan sebagai daerah penghasil beras atau lumbung padi)di Provinsi Bangka Belitung, dalam mendukung program Swasembada beras dapat tercapai,” ungkapnya.

Riza mengatakan, tujuan kegiatan rehabilitasi jaringan yang bersumber dari belanja barang bantuan pemerintah, dapat meningkatkan fungsi layanan irigasi dan meningkatkan luas areal tanam.

Adapun kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier, Optimalisasi Lahan, dan Embung Pertanian yang bersumber dari Belanja Barang Bantuan Pemerintah, diserahkan pemerintah kepada masyarakat Gapoktan diseluruh Kabupaten Bangka Selatan, agar dapat mencapai tujuannya terehabilitasi dan meningkatkanya fungsi jaringan irigasi.

“Sehingga mampu meningkatkan fungsi layanan irigasi, meningkatkan luas areal tanam dan indeks pertanaman, serta meningkatkan partisipasi P3A, GP3A, Poktan, Gapoktan dalam pengelolaan jaringan irigasi,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, drh. Suhadi mengatakan, dengan adanya penyerahan bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Semoga apa yang diterima ini bisa dimanfaatkan secara baik, sehingga pertanian kita lebih maju dan lebih berkembang memberikan kersejahteraan bagi kita semua,” sebut Suhadi.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat halal minuman dan bahan minuman sirup jeruk kunci kepada pelaku usaha Van Coo Ten, dan makanan ringan stik sukun ke pelaku usaha N&R, serta Roti dan Kue ke Rosena Cake. (Yusuf)

Komentar

Tinggalkan Balasan