HEADLINEPEMPROV BABEL

Siap Jadi Tuan Rumah Latihan Militer Lebih Besar

×

Siap Jadi Tuan Rumah Latihan Militer Lebih Besar

Sebarkan artikel ini

BELITUNG TIMUR – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu, bersama istri menyaksikan Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Tahun Anggaran 2023, Combine Latihan Kopasgat Trisula Perkasa Tahun Anggaran 2023 di Air Weapon Range Lanud. H.AS. Hanandjoeddin, di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Senin (29/5/23)

Kegiatan tahunan Lanud H.AS. Hanandjoeddin itu dihadiri oleh Pangkoopsudnas, Marsdya TNI M Tonny Harjono beserta Penkoopsud I, Marsda TNI Bambang Gunarto dan Dankorpasgat, Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko.

Kegiatan itu melibatkan berbagai aspek termasuk taktik udara, manuver udara, intersepsi, pengintaian udara, pemantauan dan tindakan pertahanan udara, hingga operasi pertempuran darat.

Dalam latihan ini pesawat tempur TNI AU mensimulasikan skenario pertempuran atau situasi operasional. Personil angkatan udara juga berlatih dalam hal navigasi udara, penerbangan formasi, penggunaan senjata, komunikasi dan kerja tim.

“Kita semua hadir di sini untuk mendukung kegiatan yang sangat penting ini. Latihan ini menunjukkan kesiapan khususnya pasukan TNI Angkatan Udara kita, dalam rangka menjaga pertahanan dan keamanan NKRI,” ungkap Suganda.

Dia juga menyatakan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan latihan militer gabungan yang lebih besar lagi.

“Ada beberapa jenis latihan militer di TNI, dan Bangka Belitung siap menjadi tuan rumah untuk kegiatan militer lainnya. Seperti latihan gabungan baik nasional maupun internasional, jika secara kelayakan kita dianggap layak” jelasnya.

Menurut Suganda, dengan dilaksanakannya kegiatan militer atau pun event-event lainnya, tidak hanya akan memberikan manfaat bagi peningkatan kemampuan militer saja, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat.

“Selain meningkatkan keterampilan bagi personil TNI, latihan militer yang dilaksanakan di Bangka Belitung ini akan memiliki efek domino pada sektor UMKM. Sehingga dapat semakin menggerakkan roda perekonomian masyarakat Bangka Belitung,” kata dia. (*)


Sumber: Dinas Kominfo