oleh

Sikapi Aspirasi Nelayan Rebo, PT Timah Cari Solusi

 15 total views

BANGKA — Di fasilitasi Pemerintah Desa Rebo, masyarakat dan nelayan di Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, dipertemukan dengan PT Timah Tbk, pada Kamis (04/07/2019) pagi di Balai Desa Rebo, terkait rencana penambangan timah menggunakan Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan laut setempat oleh perusahaan milik negara tersebut.

Dihadapan masyarakat dan nelayan Desa Rebo, perwakilan dari PT Timah menjelaskan, bahwa perusahaan plat merah itu memiliki Izin Usaha Penambangan (IUP) sampai 2025 nanti. Sampai habis masa tersebut, PT Timah tetap akan terus beroperasi menambang timah di Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) mereka.

Namun sayangnya, penjelasan tentang IUP dan rencana kerja PT Timah tersebut ternyata belum bisa diterima oleh masyarakat dan nelayan Desa Rebo.

Dalam kesempatan itu, Kades Rebo, Fendi, berharap agar PT Timah untuk berhenti sementara KIP yang beroperasi di laut Desa Rebo.

” Kami berharap supaya PT Timah menghentikan sementara KIP yang ada di Pantai Rebo, supaya kita saling menghargai dan tidak menjadi gejolak. Kita ketahui bahwa Desa Rebo ini termasuk dari KEK Pariwisata, dan zonasinya juga jelas,” kata Fendi.

Terpisah, Direktur Utama PT Timah Tbk melalui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Anggi Siahan mengatakan, pihaknya akan berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan stakholder, terkait rencana penambangan timah menggunakan KIP.

” Kami sampaikan, bahwa perusahaan tetap berkomitmen untuk berkoorndinasi dengan stakeholder, salah satunya adalah dengan menghadiri undangan dari Kepala Desa Rebo, untuk berkoordinasi perihal operasi Kapal Isap Produksi di laut Rebo. Untuk itu tentunya, perusahaan akan terus mencari solusi atas aspirasi masyarakat terkait hal tersbeut,” ungkap Anggi Siahaan sebagaimana rilis resmi yang diterima redaksi pada Kamis siang.

Sebagai informasi, masih kata Anggi, bahwa PT Timah melaksanakan operasi produksi di laut Desa Rebo pada IUP perusahaan yang termasuk di dalam Rencana Kerja 2019. Sebagai representasi negara dalam hal pemanfaatan sumber daya alam yaitu bijih timah, maka tentu dalam pelaksanaannya PT Timah Tbk akan memaksimalkan kegiatan penambangan, dengan bersinergi bersama stakeholder terkait dan masyarakat.

” Sebagai representasi negara dalam hal pemanfaatan sumber daya alam yaitu bijih timah, maka tentu dalam pelaksanaannya PT Timah Tbk akan memaksimalkan kegiatan penambangan, dengan bersinergi bersama stakeholder terkait dan Masyarakat,” demikian Anggi. (Sho/Mg)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed