oleh

Silaturahmi Dengan Kejari, Kapolres Bangka Usulkan Kerjasama Pola Pra Pemberkasan

BANGKA — Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono, SH. MH, mengucapkan terima kasih kepada Kajari Bangka beserta Kasi dan Staf, yang telah bersedia menerima kunjungan dirinya bersama Waka Polres, Kabag Ops, dan para Kasat, dalam rangka silaturahmi Criminal Justice System, pada Rabu (28/08/2019).

“Ini menjadi penyemangat buat saya selaku Kapolres Bangka yang baru. Dengan dukungan dari Pak Kajari beserta staf dan jajarannya, Saya harapkan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan penyelesaian seluruh pemberkasan tindak pidana, semuanya dapat berjalan dengan baik. Sehingga ada sebuah teori, dimana teori kerjasama ini bisa betul-betul dioptimalkan, saya rasa apa yang menjadi tugas bersama kita dapat berjalan dengan baik. Saya mengharapkan koordinasi, kolaborasi, dan komunikasi yang saat ini sudah berjalan baik, diharapkan untuk terus dipelihara, dan bila perlu kita tingkatkan dengan berbagai metode yang mungkin akan kita perbaharui bersama,” ungkap AKBP Aris Sulistyono.

Kapolres Bangka dalam kesempatan itu mengharapkan, ada sebuah pola terkait dengan pemberkasan tindak pidana. Pola yang dimaksud yaitu pola Pra Pemberkasan.

Yang dimaksud pola Pra Pemberkasan ini, kata Kapolres, sebelum berkas penyidikan tindak pidana itu berjalan, ada sebuah koordinasi atau komunikasi dan kerjasama, dalam rangka mengkonsultasikan sebuah kasus yang akan dilakukan proses pemberkasan. Yang pada akhirnya nanti, setelah proses pemberkasan itu berjalan sebagaimana mestinya, itu akan berjalan dengan baik.

“Sehingga tidak terjadi lagi miss komunikasi, atau hal-hal yang mungkin tidak diharapkan, yang dapat menggangu proses pemberkasan tindak pidana,” kata dia.

Kapolres juga mengungkapkan, akan melakukan evaluasi terhadap penyidik Polri yang ada di Polres Bangka. Dikatakannya, para penyidik yang dapat menuntaskan berkas perkara tindak pidana sampai berkas perkaranya P21 tanpa harus melalui proses perpanjangan penahanan, penyidiknya akan akan berikan reward serta apresiasi.

“Untuk para penyidik yang dapat menuntaskan berkas perkara tindak pidana tanpa harus melalui proses perpanjangan penahanan sampai kasus itu P21, itu penyidiknya akan akan kami berikan reward, akan kami berikan apresiasi, tentunya dengan mengacu kepada hal-hal yang perlu kita sesuaikan,” paparnya.

Tawaran untuk menggiatkan Pra Pemberkasan tadi, masih kata AKBP Aris Sulistyomo, dimaksudkan supaya ada komunikasi yang intens antara penyidik dengan jaksa, sehingga pada akhirnya perkara tersebut dilakukan proses pemberkasan berjalan sebagaimana mestinya yang diharapkan.

“Tidak ada lagi miss komunikasi, tidak ada lagi hal-hal yang mengganggu secara teknis. itu yang diharapkan. Sehingga proses-proses yang tadinya mengalami hambatan atau keterlambatan, mulai hari ini saya mengharapkan rekan-rekan dari pejabat Polres Bangka yang membidangi penyidikan kasus-kasus tindak pidana tertentu atau tindak pidana umum, sudah bisa untuk dikomunikasikan dengan rekan-rekan dari pihak kejaksaan.

Kapolres juga berharap, penyelesaian berkas sekaligus penyerapan anggaran untuk penanganan perkara tindak pidana yang menjadi program prioritas nasional, dapat berjalan sebagaimana timeline yang sudah ditentukan.

“Ini penting buat kami. Mengingat kami ingin sebuah predikat zona integritas di Polres Bangka, dari penilaian instansi diluar Polri, maupun dari internal Polri. Mengingat salah satu aspek penilaian yang akan diberikan, itu berkaitan dengan pelayanan hukum di Polres Bangka. Untuk itu kedepan, penanganan seluruh berkas perkara yang di inisiatori oleh para Kasat, akan disinergikan dan tidak akan berjalan sendiri-sendiri,” demikian AKBP Aris Sulistyono. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed