HEADLINEKABAR DPRD

Sisihkan BOP, Herman Suhadi Bantu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji

×

Sisihkan BOP, Herman Suhadi Bantu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji

Sebarkan artikel ini

BANGKA — Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Herman Suhadi menyisihkan sebagian dari Bantuan Operasional Pimpinan atau BOP, untuk membantu kelompok bimbingan ibadah haji pimpinan Haji Baderi Musa. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Haji Baderi Musa di kediamannya di Kampung Sri Bulan Kelurahan Sri Menanti, Kecamatan Sungailiat, Kamis (19/5).

Herman Suhadi mengungkapkan, sebagai Ketua DPRD memang dianggarkan Bantuan Operasional Pimpinan sebesar enam juta rupiah sebulan. Uang itu bisa diberikan kepada orang yang membutuhkan, seperti orang sakit atau ada keperluan, tentunya dengan proposal yang jelas.

“Kebetulan Pak Haji ini punya kelompok bimbingan ibadah haji dan umroh. Dan beliau ini sejak tahun 2004 sudah melakukan bimbingan manasik haji kepada calon jema’ah haji. Tahun 2021 itu diselenggarakan juga, ternyata tidak berangkat orangnya. Alhamdulillah, tahun 2022 ini berangkat. Takut lupa, jadi Pak Haji ini memanggil kembali orang-orang yang dibimbing di tahun 2021, tanpa dipungut biaya untuk mengulang latihan manasik haji,” ungkapnya.

Setelah mendapat informasi dari masyarakat, dan Haji Baderi Musa juga baginya sudah seperti keluarga, Herman Suhadi mengaku tergerak hatinya untuk membantu kegiatan tersebut melalui dana BOP tadi sebesar dua juta rupiah.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat, dan calon jema’ah haji yang dibina dapat berangkat, bisa melaksanakan tata cara haji dengan baik seperti yang diajarkan di manasik. Kita berdo’a dan berharap agar semua calon jema’ah haji yang dibina ini menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” ucapnya.

Haji Baderi Musa mengatakan, pengulangan latihan manasik haji itu supaya para calon jema’ah ahji tidak lupa tata cara pelaksanaan ibadah haji, karena sudah dua tahun berlalu, dan yang ikut manasik haji usianya sudah tua-tua semua, rata-rata 60 tahun.

“Ini dilaksanakan dua hari. Sehari teorinya, sehari full prakteknya. Pembimbing ada empat orang, ada biaya honor pembimbing dan biaya snack juga,” kata dia. (Romlan)

READ  Bupati Minta OPD Pertahankan Opini WTP