oleh

SMK Negeri 1 Kelapa Dapat Bantuan Kultur Jaringan Pertama di Bangka Belitung dari Honda

PT. Astra Honda Motor bekerjasama dengan PT. Asia Surya Perkasa selaku Main Dealer sepeda motor Honda Bangka Belitung memberikan bantuan kepada SMK Negeri 1 Kelapa dalam bentuk Kultur Jaringan, pada Rabu (11/09/2019).

Bantuan berupa peralatan Laboratorium untuk Kultur jaringan senilai Rp 50 juta dalam bentuk peralatan khusus dan bahan kultur jaringan. Selain itu AHM juga berikan pelatihan untuk guru-guru teknik kultur jaringan dengan bekerjsama dengan Intitute Pertanian Bogor.

Kegiatan yang bertemakan “Go Green With Honda” disambut dengan penuh syukur oleh Ibu Ir. Zaryati selaku kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kelapa.

“Saya sangat senang bisa bekerja sama dengan Honda, apalagi ini adalah SMK satu-satunya yang memiliki Teknik Kultur Jaringan di Bangka Belitung, karena dengan ini kami bersama Honda bisa peduli dan menyerap emisi gas buang dengan tanaman yang dihasilkan dari Kultur Jaringan, serta dapat menciptakan pembibitan untuk tanaman produktif serta tanaman langka khas Bangka belitung yaitu kayu Bulin” paparnya.

Didalam sambutan peresmian kerjasama kegiatan Lingkungan bersama Honda, Kultur jaringan adalah sebuah metode pembibitan dengan teknologi laboratorium yang menggunakan partikel/sel dari tumbuhan untuk di buat pembibitan dalam kondisi steril, sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman lengkap kembali.

“Metode ini akan menghasilkan kulitas bibit yang sama dengan induk tanaman” ujarnya.

Peresmian SMK Kultur Jaringan dihadiri oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung yaitu Hamdani selaku Kasubbid SMK, PT. Astra Honda Motor yang diwakili oleh Deni Wahyudin Selaku EHSGA Regulation, PT. Asia Surya Perkasa yang diwakili oleh Bp. Ronny Setiawan selaku GM Operation, Tokoh masyarakat, seluruh kepala sekolah SMK Se-Kabupaten Bangka Barat dan para siswa siswi SMK Negeri 1 Kelapa.

Kegiatan peresmian dimulai dengan penandatanganan Surat kerjasama Kegiatan Lingkungan, Penyerahan simbolis peralatan laboratorium, tour laboratorium Kultur Jaringan, dan diakhiri dengan melihat area pengembangan bibit hasil dari Laboratorium kultur jaringan untuk hidup di alam.

Dalam sambutanya, Deni Wahyudin menuturkan bahwa ini adalah kerjasama yang sangat baik sekali antara Honda dan Dunia Pendidikan, sebanyak 29 Provinsi kami telah lakukan kerjasama dalam hal kultur jaringan ini, dan harapan kami ditahun 2020 seluruh provinsi di Indonesia telah memiliki SMK Kultur Jaringan guna mendukung upaya Go Green With Honda tuturnya.

Sambutan ditutup oleh Ronny Setiawan dengan menyambut antusias dengan adanya program Kultur jaringan ini dan Honda Bangka Belitung siap mensupport untuk keberhasilan project besar ini pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed