SMPN 2 Payung Gelar Hari Kunjungan Perpustakaan

BASEL, HEADLINE20 Dilihat

BANGKA SELATAN — Dalam rangka memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan, SMP Negeri 2 Payung, Kabupaten Bangka Selatan menggelar ‘Buka Buku’ di perpustakaan sekolah setempat, Rabu (14/9/22).

Kepala SMP Negeri 2 Payung, Amirullah mengungkapkan, bahwa sedikitnya 117 siswa mengikuti acara tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman kepada anak-anak akan pentingnya keberadaan perpustakaan, sebagai pusat peradaban dan sumber kecerdasan.

“Tahun ini sekolah kami bisa memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan, bahwa membaca dan literasi dapat menjadi jembatan dunia pengetahuan, dan mendorong masyarakat, keluarga, dan para pelajar memiliki kemampuan membaca dan literasi,” ujarnya.

Amirullah mengaku dengan adanya perpustakaan sekolah dan membuka buku, sehingga siswa-siswi SMP Negeri 2 Payung semakin gemar membaca. Ia juga mengatakan akan mengadakan acara tersebut secara rutin.

“Jadi pada intinya perpustakaan adalah ‘istana ilmu’, selain itu tujuannya adalah menumbuh kembangkan lagi minat siswa untuk membaca, memotivasi kegiatan literasi serta, mengurangi rasa ketergantungan anak terhadap smartphone,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan, Sumadi mengapresiasi SMP Negeri 2 Payung, yang telah berkontribusi meramaikan program terkait dengan moment Hari Kunjung Perpustakaan. Dijelakasnya, tanggal 14 September di setiap tahunya, selalu diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan.

“Bagi para pustakawan, pengelola perpustakaan sekolah, mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan, tentunya diwajibkan tahu, dan ingat atas moment penting ini. Hal tersebut dimaksudkan supaya para pegiat literasi ini tahu dan ingat Hari Kunjung Perpustakaan tersebut yang kemudian di hari Kunjung Perpustakaan,” katanya. (Yusuf)