oleh

Soal Isu Virus Corona, dr. Fauzan Imbau Masyarakat Tidak Panik

PANGKALPINANG — Direktur Rumah Sakit Umum Depati Hamzah Kota Pangkalpinang, Dr. M. Fauzan, menghimbau masyarakat Provinsi Bangka Belitung untuk tidak panik dalam menanggapi isu yang beredar terkait virus Corona.

“Kepada masyarakat kami imbau agar tidak khawatir. Warga tidak perlu panik mendengar ada pasien curiga Corona di Rumah Sakit, karena belum tentu itu benar terinfeksi virus Corona,” kata pria yang akrab disapa Fauzan.

Dijelaskannya, bahwa pasien yang saat ini berada di dua Rumah Sakit di Bangka Belitung yang diduga Suspect Corona tersebut sudah ditangani oleh dokter secara profesional dan tidak ada yang positif Corona.

Oleh sebab itu, Fauzan berharap kepada masyarakat agar tetap tenang dan percayakan penanganan pasien yang diduga Suspect Corona tersebut kepada dokter.

“Percayakan pada penanganan dokter karena sudah ada SOP (Standarnya Operasional Prosedur) dari tiap Rumah Sakit. Lagi pula penanganan seperti merawat pasien pneumonia (Infeksi Paru-paru) yang banyak di tiap rumah sakit,” jelasnya.

Selain itu, Dirut RSUDH Kota Pangkalpinang ini, menyarankan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan cara pola hidup yang sehat. Diantaranya dengan tidur yang cukup, makan teratur yang bergizi ditambah sayur dan buah. Juga melengkapi kebutuhan suplemen seperti multivitamin.

“Masyarakat tetap harus menjaga kesehatannya dengan cara pola hidup bersih. Jaga kebersihan dengan mandi, rajin cuci tangan setelah kontak. Untuk sekarang gunakan masker di spot publik,” ucap Fauzan.

Himbauan yang serupa juga diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Suriyanto. Katanya, masyarakat Pangkalpinang khususnya tidak perlu resah dengan isu-isu Virus Corona di Bangka Belitung.

Menurutnya, sampai saat ini Pangkalpinang dalam kondisi yang kondusif dan aman.

“Insya Allah Pangkalpinang bebas dari Corona. Kami minta masyarakat jangan resah,” ujarnya.

Dia menekankan kepada masyarakat agar bersikap tenang menghadapi isu-isu tersebut.

“Kalaupun ada gejala flu atau deman silahkan periksa ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat. Jika khawatir silahkan gunakan masker. Pada intinya kita sudah siapkan antisipasinya,” pungkasnya. (Iqbal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed