JAKARTA — STBA LIA Jakarta mendapat kunjungan dari ToYo Work Company Ltd., Jepang, untuk membahas peluang kerja sama dan saling mempelajari kebutuhan kedua belah pihak.

Dalam kesempatan itu, STBA LIA yang diketuai Dr. Siti Yulidhar Harunasari melakukan dialog dengan para direktur ToYo Work Group yang mempunyai beberapa anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, di antaranya pelatihan dan penempatan sumber daya manusia, jasa security, manufacture, IT, bahkan Liga sepak bola bernama Fukushima.

Pertemuan itu membahas rencana magang mahasiswa STBA LIA dan penempatan kerja alumni di Jepang. Sejak berdirinya hingga saat ini, STBA LIA yang merupakan sekolah tinggi bahasa asing pertama di Jakarta rutin mengirimkan mahasiswa untuk magang di Jepang. Sebagian besar mahasiswa magang, setelah lulus kembali ke Jepang untuk bekerja.

STBA LIA mempunyai program studi S1 Bahasa Inggris, D3 Bahasa Inggris dan S1 Bahasa Jepang dan menghasilkan lulusan yang siap kerja.

Saat ini STBA LIA Jakarta sedang dalam proses perubahan bentuk menjadi Universitas LIA yang akan membuka empat prodi baru, yaitu Bisnis Digital, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Desain Komunikasi Visual.

Pertemuan tersebut juga membahas peluang customized curriculum yang dapat memfasilitasi lulusan agar langsung siap kerja ke Jepang.

Hadir pada dialog dengan para pimpinan STBA LIA Jakarta dan pengurus Yayasan LIA tersebut, Mr. Susa Takayasu, Mr. Satomi Makoto, Mr. Yanai Masaya dari Toyo Work Group, Mr. Abe Yasuhiro dari Abe Shoten Co.,Ltd, Mr. Yamazaki Takahiro dari Power Staff Japan Co.,Ltd, dan Mr. Sato Atsushi dari Sato Komuten Co.,Ltd. Mereka sangat tertarik untuk merekrut mahasiswa prodi Bahasa Jepang untuk magang dan lulusan STBA LIA Jakarta untuk bekerja di Jepang. (*)