Sungaliat Triathlon Ke 8 Digelar Bulan Mei

BANGKA, HEADLINE26 Dilihat

BANGKA — Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madonna, mengungkapkan event Sungailiat Triathlon ke 8 akan digelar pada bulan Mei tahun 2023.

Menurutnya, event Sungailiat Triathlon merupakan event kebanggaan masyarakat Kabupaten Bangka, yang sempat terhenti lantaran wabah virus Corona. Avent pariwisata unggulan di Kabupaten Bangka itu nantinya akan digelar di Tanjung Pesona, Kota Sungailiat.

” Triathlon merupakan event pariwisata unggulan Kabupaten Bangka, dan rencana tahun 2023 akan digelar Sungailiat Triathlon yang ke 8. Pada tanggal 13 Mei 2023 bertempat di Tanjung pesona. Triathlon sudah menjadi event kebanggaan masyrakat Kabupaten Bangka yang sempat terhenti karena pandemi Covid,” ungkap Rismy, melalui pesan WhatsAppnya Rabu (23/11) malam.

Dibeberkan Rismy, pihak Pemkab Bangka sendiri sudah mengucurkan anggaran sebesar Rp. 300 Juta untuk acara tersebut. Dana itu di luar dari hadiah. Pemkab juga bekerja sama dengan Event Organizer yang sudah ditentukan, yang nantinya juga akan diisi dengan pagelaran seni budaya.

Selain itu, pada event bergengsi itu juga pihak Pemkab Bangka melibatkan para pelaku usaha UMKM guna mendorong angka perekonomian dan mempromosikan produk lokal Bangka, sehingga bisa menjadi perhatian bagi pemerintah pusat.

” Anggaran Pemda yang dikucurkan di luar hadiah bonus sebesar Rp 300 Juta lebih. Di mana secara efisiensi dipergunakan yang dikerjasamakan dengan pihak EO, menggunakan IR Timing system yang handal tentunya. Ditambah dengan pagelaran seni budaya, serta dukungan UMKM ekonomi kreatif dan IKM. Untuk meramaikan dan memberi peluang masyarakat mempromosikan produk serta memasarkan sebagai bentuk cinta produk dalam negeri yang menjadi konsen pemerintah pusat dan daerah saat ini,” jelasnya.

Dilanjutkan Rismy, event Sungailiat Triathlon ini nantinya bukan hanya sekedar event olahraga saja, melainkan juga promosi dan memperkenal pariwisata yang ada di Kabupaten Bangka. Dengan tujuan untuk menghasilkan dampak ekonomi bagi masyarakat.

” Triathlon tidak sekedar sport tourism, tetapi bagaimana kita melalui olahraga mampu memperkenalkan dan mempromosikan destinasi pariwisata Kabupaten Bangka yang diharapkan menimbulkan multi flyer effect dan dampak ekonomi baik bagi pelaku jasa. Mulai dari bandara, agen travel, hotel, home stay, restoran , jasa sewa kendaraan, supir, UMKM dengan adanya event ini. Jangka panjang Kabupaten Bangka bisa mendapatkan atensi untuk penyelenggaraan event-event nasional lainnya,” kata dia.

Masih kata Rismy, jika mampu menyelenggarakan event sport tourism yang berskala nasional, untuk itu pihaknya meminta dukungan dari masyarakat. Karena pariwisata Kabupaten Bangka merupakan masa depan dan potensi yang menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat, jika mampu dikelola dengan baik.

Pihaknya juga berkonsultasi dengan Kementerian Pariwisata untuk meminta dukungan publikasi dan promosi event, serta bisa dimasukkan dalam 100 kalender of event Indonesia. (Randhu)