oleh

Tahun Ini DKP Bangka Barat Pilih Pembudidaya Ikan yang Serius Magang ke Jambi

 20 total views

BANGKA BARAT — Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat mempunyai berbagai macam program untuk mendukung pelaku budidaya perikanan.

Program – program yang dijalankan, selain penyaluran bantuan sarana dan prasarana, peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM ) juga tidak diabaikan.

Plt. Dinas Kelautan dan Perikanan ( DKP ) Bangka Barat, Kamso, SP., menilai, bila programnya hanya pada bantuan Sarana Prasarana (Sarpas) dan benih saja, itu tidak cukup menunjang dalam meningkatkan produktiitas.

” Kita ada pelatihan budidaya perikanan, ini melalui SDM-nya, dilatih dikasih ilmunya. Ada juga terkait SDM ini, mereka kami bawa magang nanti. Tahun ini rencananya di Jambi, UPT Kementerian kita bawa pembudidaya kita, tentunya kami pilih yang serius. Kalau yang icak – icak ( tidak serius ) dan hanya ikut – ikutan nanti pulangnya tidak membawa hasil,” ujar Kamso diruang kerjanya, Selasa ( 18/2/2020 ) sore.

Selebihnya jelas dia, program yang masih dilaksanakan tahun ini merupakan kelanjutan dari program tahun sebelumnya. Program tersebut membidik bidang perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

Lanjut Kamso, dalam bidang budidaya pihaknya mempunyai beberapa program bantuan selain peningkatan SDM.

” Pada bidang budidaya, ada Diversifikasi Perikanan Budidaya Melalui Bantuan Benih dan Pakan Ikan Air Tawar. Itu kita mensupport pembudidaya ikan air tawar, kita support pakan dan benih ikan. Tolok ukur kita produksi, bagaimana meningkatkan produksi perikanan budidaya, salah satunya memberikan bantuan kepada kelompok usaha di bidang itu,” tuturnya.

Pembudidaya skala kecil juga tidak luput dari perhatian DKP. Untuk pelaku skala kecil ini, bantuan yang diberikan berupa mesin pembuat pakan, percontohan budidaya ikan dan cetak tambak.

Kamso menambahkan, untuk Kelompok Usaha Bersama ( KUB ) budidaya kerang di daerah Dusun Sukal Desa Belo Laut, pihaknya mensupport dengan pengadaan benih kerang.

” Untuk kerang, kita ada pengadaan benih kerang. Kami bantu KUB – KUB, budidaya kerang ini di daerah Sukal. Sarpras untuk pembudidayaan skala kecil kayak ikan laut, nah ini di budidaya ikan kerapu, kita bantu melalui koperasi yang sehat,” pungkasnya. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed