Tak Dikandangkan, Hewan Ternak Resahkan Pengguna Jalan

BENGKULU SELATAN – Hewan ternak kerbau dan sapi yang berkeliaran atau tidak dikandangkan oleh pemilik, Sebabkan kecelakaan lalu lintas. Setidaknya dalam hitungan hari yang hampir bersamaan, mobil dan motor menabrak hewan ternak yang berkeliaran di jalan raya.

Kejadian pertama di Jalan Raya Padang Panjang, kawasan perkantoran dan rumah Dinas Wakil Bupati dan Pimpinan DPRD Bengkulu Selatan. Mobil pickup menabrak kerbau yang melintas, akibatnya mobil tersebut mengalami rusak berat, kaca depan pecah dan bodi mobil penyok.

“Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.32 WIB tadi, Rabu (25/01/2023). Waktu itu yang punya mobil mau ke pekan Pajar Bulan Seluma. Pas melintas di dekat Kantor Dinas Kesehatan ada kerbau melintas, kemudian tertabrak. Mobil rusak cukup parah,” ungkap Yusnan Gunadi, salah seorang saksi yang juga kerabat pemilik mobil.

Sementara kejadian kedua terjadi di Jalan Lintas Manna-Seginim, tepatnya di Tanjakan Air Nelengau. Pengendara sepeda motor Asep (35), warga Desa Durian Seginim, menabrak sapi yang melintas tiba-tiba di tengah jalan.

Saat itu Asep yang berkendara melaju dari arah Kota Manna menuju Seginim. Karena hari sudah larut malam dan kondisi jalan licin disertai hujan gerimis, Asep mengendarai sepeda motor dengan kecepatan sedang.

Saat melintas di Tanjakan Air Nelengau dengan kondisi jalan agak menikung, tiba-tiba ada sapi melintas, sehingga tabrakanpun tak dapat dielakkan. Sepeda motor terjatuh, dirinya mengalami cidera serius di kaki sebelah kiri, hingga mendapat perawatan di RSUDHD Manna.

“Ternak berkeliaran di jalan raya sangat meresahkan dan membahayakan pengguna jalan. Mana penegak Perda? Itu sangat perlu ditertibkan dan ditindak tegas bagi para pemiliknya, agar tidak ada lagi korban berikutnya,” kata Asep. (dvd)