HEADLINEKABAR DPRD

Tata Kelola Arsip Bangka Barat Jadi Sorotan Pansus

×

Tata Kelola Arsip Bangka Barat Jadi Sorotan Pansus

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Tim Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Kearsipan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyoroti sistem tata kelola kearsipan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

Hal itu karena Arsip menjadi salah satu aset yang wajib dijaga dan dikelola dengan baik. Pasalnya, keberadaan Arsip menjadi penting dalam lintasan tentang sejarah.

Tim Pansus Kearsipan yang diketuai oleh Ringgit Kecubung, menjelaskan tentang Pansus Kearsipan sangatlah bermakna.

Anggota Pansus Kearispan, Adet Mastur, menyarankan setiap Arsip yang ada harus ditelusuri. Dalam penggunaan aset dinamis dan statis sangatlah bermanfaat, jika dilakukan pada sistem arsip lama.

Arsip dinamis dan statis dapat jadi acuan sebagai Arsip Digital. Misalkan Pelantikan Bupati, dari sejak awal sampai saat ini.

Aset tertinggi ada pada Kabupaten Bangka Barat, karena terkenal dengan banyaknya peninggalan bersejarah yang berguna untuk pemasukan Arsip penyelenggaraan kearsipan.

“Kita juga dapat melihat dari Arsip 3 porsi tentang Pembentukan Presedium Babel menjadi moment sejarah perkembangan Arsip. Karena jangan sampai arsip hilang. Arsip hilang, Aset juga tuntas,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bangka Barat H. Sukirman, sangat mengapresiasi dan senang atas kedatangan tim Pansus Kearsipan DPRD Babel.

“saya libatkan disini dari Kantor Diskominfo dan Kantor Kearsipan, guna untuk wawasan kedepan Hajat Satu Ilmu Satu Guru Saling Memberikan Masukan. Seperti ini, mungkin inilah yang menyatukan kita,” ungkap Sukirman. (*)

Sumber : Publikasi Setwan