oleh

Tema Napak Tilas ” Van Bangka Begint De Victorie ” , Kemenangan Dimulai dari Bangka

BANGKA BARAT – Para peserta Napak Tilas dalam kegiatan Pelestarian Nilai Sejarah 2019 Pemerintah Kabupaten Bangka Barat mengakhiri perjalanannya di Po 6 Pantai Tanjung Kalian, tepatnya di area Light House, Muntok, Minggu ( 7/7/2019 ).

Saat ini, seluruh peserta telah tiba di garis finish. Di pos ke enam ini para peserta diwajibkan membacakan sajak yang telah disiapkan panitia. Sajak dibacakan salah seorang dari sepuluh anggota regu diatas panggung.

Seperti tahun – tahun sebelumnya, para peserta Napak Tilas melewati enam pos penjurian. Pada pos ke lima, para peserta harus menjawab pertanyaan tentang wawasan kebangsaan terkait sejarah pengasingan para tokoh pemimpin RI yang diasingkan di Pulau Bangka.

Hal yang menarik lainnya, para peserta juga diwajibkan mengenakan kostum yang sama dengan pakaian yang dikenakan Bung Karno, para tokoh pemimpin dan masyarakat Muntok saat berpiknik ke Pantai Tanjung Kalian tahun 1949, termasuk bekal yang dibawa berupa juadah atau kue – kue khas Muntok.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Suwito mengatakan, tema Napak Tilas tahun ini, “Van Bangka Begint De Victorie “, bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bermakna, ” Kemenangan Dimulai Dari Bangka “. Tema ini untuk mengingat bahwa di kota Muntok mempunyai peran penting dalam sejarah Republik Indonesia tahun 1948 – 1949.

” Kita harapkan pelestarian nilai nilai sejarah ini lebih digelorakan sehingga kita harapkan generasi muda di Bangka Barat dan Babel mereka mengetahui bahwa di Bangka Belitung ini pernah terjadi momen yang luar biasa, khususnya di Muntok, bahwa Muntok adalah bagian dari sejarah pengakuan kedaulatan NKRI oleh dunia,” kata Suwito. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan