HEADLINEHUKUM KRIMINAL

TI Jalan Laut Beroperasi Malam Hari

5
×

TI Jalan Laut Beroperasi Malam Hari

Sebarkan artikel ini

* Diduga Diluar Koordinat IUP PT Timah

BANGKA — Bunyi gemuruh mesin Tambang Inkonvensional di Daerah Aliran Sungai Jalan Laut, Kecamatan Sungailiat, terdengar berisik dari pemukiman warga sekitar.

Rabu (24/3) malam, wartawan bersama beberapa warga yang menentang aktifitas penambangan di Jalan Laut, menelusuri suara gemuruh mesin TI pada pukul 21. 00 WIB.

Tampak para penambang berjumlah banyak sedang sibuk bekerja. Sesekali terdengar suara mereka tertawa di kegelapan malam.

Mirisnya, para penambang ini didapati bekerja di luar IUP PT. Timah yang tertera dalam SPK seluas 0,7 hektar. Memang tampak 3 unit ponton TI Tower yang berada di IUP PT. Timah malam itu, namun tampak menganggur dan tidak dikerjakan penambang.

“Ini di luar IUP PT. Timah yang kemarin di datangi Bupati Bangka. Mereka memang tidak bekerja siang hari. Tapi mereka bekerja pada malam hari sampai pagi,”ujar warga yang ikut mencari bukti aktifitas penambangan di lokasi kepada wartawan.

Menurutnya, sudah beberapa malam para penambang rutin bekerja pada malam hari, sesuai bunyi mesin yang mereka dengar saban malam.

“Sudah beberapa malem ini kami dengar mereka kerja. Tapi kalau didatangi tim razia siang hari, mereka selalu lolos. Ini 3 ponton di IUP PT. Timah, tapi kalau malam hari tidak dikerjakan. Yang dikerjakan siang hari saja,” jelasnya.

Hingga berita ini dimuat, belum ada tanggapan resmi dari pihak berwenang. (Romlan)