oleh

TI Rajuk Rambah Hutan Mangrove

 13 total views

BANGKA — Puluhan unit Tambang Inkonvensional Rajuk yang menambang timah secara ilegal, beroperasi di seputaran wilayah hutan mangrove perbatasan Pantai Matras Kecamatan Sungailiat, dengan Dusun Air Hantu, Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip.

Pantauan beberapa awak media di lokasi Sabtu (23/3/2019) petang, nampak puluhan unik TI Rajuk tersebut sedang menambang timah.

Dari obrolan ringan dengan awak media, salah satu pekerja TI Rajuk menuturkan, ada tiga bendera manajemen dilokasi tersebut.

“Disini ada tiga orang pengurus, untuk biayanya setiap satu unit tergantung manajemen pengurus. Ada yang pakai sistem terkena biaya per kilogram, ada juga pakai cantingan,” ungkapnya.

Pada saat itu nampak hadir dilokasi tersebut salah satu petugas kehutanan Provinsi Bangka Belitung ( GS). Menurut pengakuan GS, kehadirannya untuk memberi tau ke pekerja TI, bahwa hari Senin ( 25/3/2019) akan ada penertiban dari pihak kehutanan dilokasi itu.

“Rencana senin ini ada razia, jadi kite himbau dulu supaya mesin TI-nya diangkat,” katanya.

Sementara salah satu Polisi Kehutanan KPH Bubus Panca, Putra, dihubungi media ini melalui telepon menuturkan tidak ada agenda razia hari senin.

“Begini bro, setahu Ku tidak ada agenda penertiban kawasan hutan Senin ini. Kalau ada, ya tidak mungkin dihimbau dulu,” jelas Putra seraya tertawa. (AR77)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed