oleh

Walikota Beberkan Sejarah Singkat Kota Pangkalpinang

PANGKALPINANG — DPRD Kota Pangkalpinang menggelar Sidang Paripurna Istimewa Kesatu, Masa Persidangan Pertama Tahun 2021, dalam rangka memperingati 264 Tahun Kota Pangkalpinang.

Sidang Paripurna Istimewa itu digelar di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Pangkalpinang, Jum’at (17/9).

Dalam Pidatonya, Walikota Pangkalpinang, H. Maulan Aklil, menguraikan sejarah singkat terbentuknya Kota Pangkalpinang, dari masa Kesultanan Darussalam 17 September 1757.

“Pangkalpinang didirikan oleh Kesultanan Palembang Darussalam, pada tanggal 17 September 1757, bertujuan untuk kepentingan ekonomis, politis, dan kepentingan sosial budaya,” ungkapnya.

Dalam konteks ekonomis, Lanjut Maulan Aklil, Pangkalpinang berfungsi sebagai tempat pertemuan berbagai aktifitas perekonomian, dan lambat laun membentuk daerah pusat kegiatan, pusat pasar, dan pusat perdagangan.

“Oleh sebab itu, kita terus berupaya agar geliat perekonomian dan investasi di Pangkalpinang terus maju dan berkembang. Walaupun di satu sisi kita harus bergelut dengan upaya mengatasi Pandemi Covid-19, dan sangat beralasan tema yang kita usung pada peringatan hari Jadi Pangkalpinang tahun ini adalah SEHAT, SENYUM, HERD IMMUNITY,” Jelasnya.

Ia juga mengatakan, Pemkot Pangkalpinang akan terus berupaya agar ekonomi masyarakat tetap tumbuh dan berkembang, serta kesehatan masyarakat akan tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, Maulan Aklil juga berharap di Hari Ulang Tahun ke -264 ini, konsep Masjid Kuba Timah yang sudah dirancang oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang bisa segera terealisasi.

“Saat ini kita sedang merencanakan pembangunan fasilitas ibadah bagi masyarakat, yaitu dengan membangun Masjid Agung Pangkalpinang, dengan konsep masjid berarsitektur kubah Timah. Untuk itu dukungan dan do’a dari DPRD dan seluruh komponen masyarakat Pangkalpinang sangat diharapkan,” kata dia. (Iqbal)

News Feed