oleh

Walikota Harus Perhatikan Suara Masyarakat

 9 total views

PANGKALPINANG — Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady, meminta kepada Walikota Pangkalpinang untuk memperhatikan suara masyarakat, terkait akan masuknya minimarket Indomaret di Pangkalpinang.

Menurut Rio, banyak masyarakat yang mempertanyakan terkait dengan rencana Walikota, untuk membuka pintu bagi minimarket skala nasional tersebut ke Pangkalpinang.

“Kami memaklumi bahwa ini adalah kebijakan dari Walikota, yaitu tergantung dari kepala daerah, apakah diizinkan atau tidak? Namun secara regulasi Peraturan Menteri perdagangan, memang memperbolehkan minimarket atau apapun namanya untuk masuk ke daerah, selama ada izin yang diberikan oleh Kepala Daerah dan taat pada Perda di daerah,” ungkap Rio Setiady, Selasa (06/08/2019).

Rio juga menyampaikan, agar Walikota dapat bijak menyikapi hal ini, agar memperhatikan bagaimana masukan dan harapan dari masyarakat.

“Masyarakat kita yang notabene mereka adalah pedagang kecil dan menengah, yang belum tentu mampu bersaing dengan para dagang besar yang siap mengekspansi daerah,” jelasnya.

Dikatakanya, pada tahun 2017 ada Perda Tentang Pasar Modern dan Minimarket. Di situ jelas, bahwa setiap minimarket yang hendak dibuka harus mengakomodir produk daerah setempat.

“Harus ada ketegasan dari pemerintah kota. Jika izin itu benar-benar diberikan, maka mereka harus konsisten dan benar-benar memastikan, bahwa produk daerah tersebut dapat diakomodir dijual di gerai minimarket tersebut,” kata Dia.

Rio berharap, jangan sampai masyarakat dihadapkan dengan persaingan para pedagang besar, yang tentu saja tidak akan imbang.

“Kami berharap kepala daerah dapat bijak menyikapi hal ini. Karena kami selaku Wakil Rakyat menyuarakan apa yang dikehendaki oleh masyarakat,” demikian Rio. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed