oleh

Warga Kontra Dicegah Naik KIP

BANGKA — Puluhan warga yang kontra penambangan timah di lepas pantai perairan Matras, Kabupaten Bangka, berupaya naik ke Kapal Isap Produksi yang sedang lego jangkar.

Sementara di sekitar KIP, sudah disiagakan ratusan personil Polres Bangka, Brimob, Sabhara, Polairud, dan TNI AL.

Ketatnya pagar betis pengamanan, membuat upaya puluhan warga untuk menduduki dan mengusir KIP itu gagal. Namun demikian, kondisi di laut dan di darat aman terkendali.

Direktur Polairud Polda Babel, Kombes Pol Mochamad Zainul mengungkapkan, pengamanan KIP juga didukung dua unit Kapal Patroli Direktorat Polair Baharkam Polri, tiga unit Kapal Patroli Direktorat Polairud Polda Babel, dan dua unit Kapal Cepat milik Divisi Pengamanan PT Timah Tbk.

“Anggota di kapal sudah siaga. Kita hanya mencegah, diupayakan jangan sampai naik ke KIP,” ungkapnya.

Masih kata Kombes Pol Mochamad Zainul, Kabag Bin Ops AKBP Stevanus Saparsono, Kasubdit Gakkum Ade Zamrah, didukung personil Brimob, Sabhara, dan TNI AL, sudah siaga di KIP.

Pantauan di lapangan, tidak hanya kapal patroli, Helikopter Polisi Udara Baharkam Polri yang BKO di Polda Babel, turut menghalau warga yang berupaya menaiki dan menduduki KIP.

Sebelumnya, AKBP Widi Haryawan mengimbau kepada masyarakat yang kontra penambangan timah di lepas pantai perairan Matras, agar menyampaikan penolakan tersebut melalu jalur resmi secara elegant.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, apabila ada yang tidak pas atau kurang berkenan, agar disampaikan penolakan tersebut dengan melalui jalur-jalur resmi secara elegant,” demikian Kapolres. (Romlan)

Komentar

Tinggalkan Balasan