oleh

Warung Mba’hasa, Terobosan Baru Giatkan Minat Baca Masyaralat

BANGKA — Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Bangka bersinergi dengan Duta Bahasa Kep. Bangka Belitung 2018 untuk ikut andil dalam merealisasikan Gerakan Literasi Nasional di Bumi Serumpun Sebalai. Sebuah gagasan baru yang dinamai sebagai ” WARUNG MBA’HASA” menjadi terobosan dalam menggiatkan budaya baca di kalangan masyarakat.

Program ini dibuka pada Rabu malam (30/1/2019) di sekretariat BKPRMI Bangka, dan dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung dan Ketua DPD BKPRMI Bangka serta dihadiri oleh lebih dari 50 perwakilan komunitas muda di Bangka.

M. Arinda Unigraha selaku penggagas program yg merupakan Duta Bahasa Nasional asal Kepulauan Bangka Belitung tahun 2018 memaparkan bahwa Program ini merupakan ikhtiar kami, diberi nama WARUNG MBA’HASA yang bertujuan untuk menyebarkan virus-virus literasi dan budaya membaca bagi masyarakat. Warung MBA’HASA merupakan Kedai tempat nongkrong / kumpul-kumpul lintas usia, seperti warkop/kedai pada umumnya. Namun kedai ini dilengkapi dengan fasilitas literasi sepeti ratusan buku bacaan lintas usia, fasilitas diskusi, internet, serta pengenalan kosakata Bahasa Indonesia.

Selain itu yang unik adalah pengurus akan berupaya untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan literasi dan kebahasaan rutin seperti Bedah Buku, Bedah Film, Diskusi publik, berbagai perlombaan (pantun, puisi, gurindam, orasi, pidato), nagji dan dakwah, belajar bahasa dan kosakata, pelatihan kebahasaan, seminar ilmiah hingga acara-acara khusus untuk mendukung gerakan literasi yang melibatkan generasi muda. Ditambahkannya bahwa kehadiran perwakilan dari 50 komunitas dalam pembukaan ini, akan mempercepat penyebaran semangat dan dukungan giat-giat literasi untuk kepentingan pendidikan di Bangka Belitung.

“Alhamdulillah, kami sangat senang ada trobosan baru dari kader kami (BKPRMI) yang merupakan Duta Bahasa Nasional ini, adanya Warung MBA’HASA dengan berbagai fasilitas literasi ini kami berharap ada edukasi bagi generasi muda. Kita lihat sekarang ini anak muda seperti kehilangan jati diri, mereka sibuk dengan dunia maya terkadang lupa dengn dunia nyata. Di sini mereka bisa bersilaturahmi, ngobrol membicarakan hal-hal penting, serta menambah wawasan dan pengetahuan. Keluarga besar BKPRMI akan terus mendukung langkah-langkah kreatif untuk kegiatan-kegaitan positif bagi generasi muda seperti program ini,” jelas Hari Subari, Ketua DPD BKPRMI Bangka.

Sementara itu Drs Yani Paryono, M.Pd selaku Kepala Kantor Bahasa Kep. Babel yg membuka program ini secara resmi juga menyampaikan suka citanya.

“Kami dari Kantor Bahasa Babel sangat berterima kasih sekali teman-teman generasi muda di Bangka mau berkiprah dalam bidang Bahasa melalui WARUNG MBA’HASA ini. Kami akan mendukung sepenuhnya semua agenda terkait pemartabatan Bahasa Indonesia di semua komponen masyarakat termasuk salah satunya di tempat yang murni digagas oleh anak muda bangka ini. Ini bisa menjadi salah satu contoh kreatif di Bangka Belitung untuk meningkatkan kegiatan Literasi. Kami berharap kegiatan literasi ini juga untuk menghidupkan kegiatan ekonomi kreatif di Bangka Belitung. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang sangat baik. Kami mendukung sepenuhnya,” katanya. (Rilis)

Sumber : BKPRMI Bangka

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed