oleh

Wawako Pangkalpinang Buka Musrenbang RKPD 2020

 

PANGKALPINANG — Wakil Walikota Pangkalpinang, M. Sopian, secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kota Pangkalpinang Tahun 2020. Acara Musrenbang RKPD 2020 Pemerintah Kota Pangkalpinang itu digelar di Cordela Hotel Pangkalpinang, Kamis (21/03/2019) pagi.

Kepada media ini M. Sopian mengatakan, yang jadi fokus Musrenbang RKPD 2020 Kota Pangkalpinang adalah peningkatan kapasitas sumberdaya dan daya saing masyarakat.

“Sesuai tema, ini adalah komitmen kita bersama semua OPD. Jadi semua program OPD – OPD yang ada di Kota Pangkalpinang akan mengarah kesitu. Tema itu sangat sederhana, namun dari tujuannya, ini memerlukan sumber dana, tenaga, pikiran, yang ke semua itu dituntut untuk saling bersinergi dan saling menunjang, sehingga tujuan itu dapat kita capai,” ungkapnya.

Pada pembangunan infrastruktur, lanjut M. Sopian, Pemkot Pangkalpinang masuh terfokus menangani air genangan atau banjir. Lantaran hampir setiap musim penghujan, memang masih terjadi air genangan atau banjir di beberapa wilayah titik yang paling terendah di Kota Pangkalpinang.

“Secara alamiah ini memang wajar terjadi. Tapi kita dituntut bagaimana untuk bisa mengatasi dan meminimalisir genangan itu, jangan sampai terlampau lama. Walaupun itu terjadi karena faktor alam, tetapi kita bertugas untuk mengatasinya,” terangnya.

Wakil Walikota Pangkalpinang dua periode itu menambahkan, pemerintah pusat dan Pemprov Babel tidak lepas tangan dengan banjir yang melanda Kota Pangkalpinang. Terbukti, pemerintah pusat dan Pemprov Babel sudah mengucurkan dana untuk mengatasi air genangan atau banjir tersebut.

“(Bantuan) ada, bantuan dari pemerintah pusat tahun lalu untuk normalisasi dan pendalaman alur Kolong Jelanah. Di tahun 2018 dari pemerintah provinsi (Babel) juga memberikan Dana Bantuan (DABA) untuk mengatasi banjir juga ada, hanya saya lupa berapa jumlahnya,” imbuhnya.

Dia berharap, dengan hadirnya Bappeda Pemprov Babel pada Musrenbang RKPD 2020 Kota Pangkalpinang, masalah banjir lintas wilayah kota dan kabupaten bisa diatasi.

“Mudah – mudahan di tahun 2020, karena Musrenbang ini juga dihadiri oleh Bappeda Provinsi Babel, harapan kita juga program – program penanganan banjir yang bersifat lintas wilayah kota dengan kabupaten, tentunya provinsi harus punya program juga untuk mengatasinya,” tukasnya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed