HEADLINEKABAR PEMILU

3 Hal Ini Jadi Fokus Bawaslu

×

3 Hal Ini Jadi Fokus Bawaslu

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG – Badan Pengawasan Pemilu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar apel siaga masa tenang tahapan Pemilu 2024 di halaman Kantor Bawaslu Babel, Senin (12/2/2024).

Apel siaga tersebut dipimpin oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Babel, Novrian Saputra.

Pada kesempatan itu Novrian meminta jajaran sekretariat untuk fokus mengawasi tiga hal selama tahapan masa tenang,

Dikatakannya, setidaknya ada tiga hal yang menjadi fokus bawaslu pada tahapan masa tenang pemilu tahun 2024 ini.

“Mulai dari potensi money politik, penertiban alat peraga kampanye, hingga larangan mengumumkan survei pada masa tenang.

“Ini menjadi beberapa fokus dari sekian tugas dan fungsi kita mengawasi tahapan Pemilu Tahun 2024,” kata Novrian.

Novrian menjelaskan, masa tenang adalah masa dimana tidak ada aktifitas kampanye dalam bentuk apapun.

Ia berharap jajaran Bawaslu dapat mengawasi dengan baik dan peserta pemilu dapat mengindahkan aturan tersebut dengan baik pula,

Dia menegaskan, masa tenang adalah dimana tidak ada aktifitas kampanye, di mana masa ini semua pihak harus menahan diri.

“Bentuk pengawasan kita juga membutuhkan dukungan semua pihak termasuk peserta pemilu yang wajib mengindahkan seluruh regulasi tahapan pemilu,” jelas dia.

Novrian juga mengingatkan agar setiap tugas fungsi pengawasan pemilu tahapan masa tenang ini bisa sampai ke jajaran Bawaslu di semua tingkatan.

Baik tingkat kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan hingga Pengawas TPS yang bersentuhan langsung dengan proses pemungutan dan penghitungan suara.

Lanjut Novrian, pemahaman mengenai regulasi juga dikatakannya wajib diselaraskan demi menghindari perbedaan dalam menindaklanjuti dugaan pelanggaran pemilu.

“Pemahaman seperti ini harus disampaikan baik ditingkat kabupaten/kota hingga sampai tingkat Pengawas TPS. Selebihnya biarkan masyarakat yang menilai terkait dengan alat peraga apapun pada tahapan masa tenang ini,” tegas dia.

Mantan Komisioner Bawaslu Kota Pangkalpinang ini juga membahas mengenai persiapan pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Tahun 2024.

Ia berharap pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar.

“Dijelaskan setiap mata dan telinga kita wajib peka dalam mendeteksi dan mengawasi dugaan pelanggaran pemilu,” tutupnya. (Dika)