BUMNHEADLINE

Semester 1 Tahun 2024, PT Timah Kembali Kucurkan Modal Bagi 43 Pelaku UMKM

×

Semester 1 Tahun 2024, PT Timah Kembali Kucurkan Modal Bagi 43 Pelaku UMKM

Sebarkan artikel ini
Foto: timah.com

PANGKALPINANG – Usaha Mikro Kecil Menengah menjadi salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia, oleh karena itu PT Timah sejak tahun 2000 silam terus konsisten mendukung para UMKM di wilayah operasional Perusahaan.

PT Timah melalui Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) telah membantu sebanyak 9.787 UMKM di berbagi kota di wilayah Indonesia, terutama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Riau, dan Provinsi Kepulauan Riau.

Program PUMK PT Timah telah berjalan 24 tahun ini memberikan banyak manfaat bagi para pelaku UMKM. Mendorong para UMKM untuk mandiri dan berdaya saing hingga berhasil menembus pasar Internasional.


Tidak hanya mendukung permodalan, melalui program PUMK PT Timah juga memberikan pembinaan, pelatihan dan bantuan promosi bagi para pelaku UMKM melalui kegiatan pameran.

Pada semester 1 tahun 2024, anggota holding Industri Pertambangan MIND ID telah menyalurkan Rp1,2 miliar bagi 43 UMKM di Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau.

Sebanyak 43 UMKM yang mendapatkan kucuran dana dari PT Timah yang disalurkan melalui Bank BRI diantaranya di wilayah Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Pangkalpinang, Belitung Timur dan Karimun.

PT Timah pada tahun 2024 ini memfasilitasi para pelaku UMKM mitra binaan PT Timah mengikuti pameran di tingkat lokal dan nasional untuk membantu mempromosikan produk mereka.

Melalui program PUMK PT Timah menyasar berbagai pelaku usaha dari berbagai sektor jasa, ekonomi kreatif, industri, perdagangan, peternakan, pertanian, kuliner, kelautan, perikanan, kerajinan dan lainnya.

Pada tahun 2023 lalu, PT Timah menggelontorkan dana Rp6,8 miliar untuk mendukung permodalan bagi 191 UMKM di wilayah operasional. Penyaluran dana PUMK ini disalurkan melalui Bank BRI.

Sebanyak 20 mitra binaan PT Timah naik kelas pada tahun 2023, UMKM yang naik kelas dilihat dari beberapa indikator seperti peningkatan jumlah pekerja, peningkatan omset dan pelibatan masyarakat sekitar untuk menghasilkan produk.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan mengatakan PT Timah terus mendorong pengembangan UMKM di wilayah operasional perusahaan secara terintegrasi mulai dari permodalan, pembinaan, pelatihan dan pemasaran.

“Melalui upaya-upaya ini, perusahaan mengambil peran untuk mendorong pengembangan UMKM untuk mendorong ekonomi masyarakat. Kami berharap masyarakat dapat merasakan manfaat dari pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat,” kata Anggi. (*)

Sumber: timah.com