HEADLINEHIKAYAT

Termasuk Makhluk Gaib atau Mitologi ? Berikut Penjelasan Tentang Duguak

×

Termasuk Makhluk Gaib atau Mitologi ? Berikut Penjelasan Tentang Duguak

Sebarkan artikel ini
Sungai Seluma

SELUMA – Bagi masyarakat Suku Serawai Semaku (Seluma, Manna dan Kaur), yang kelahiran tahun 90-an ke bawah pasti tidak asing lagi dengan cerita legenda yang bernama Duguak.

Cerita ini turun-temurun diceritakan dari nenek moyang, bahwa Duguak adalah sesosok makhluk jahat yang berambut panjang penghuni sungai, dan tinggal di tempat lubuk sungai yang paling dalam.

Duguak akan menjerat kaki orang yang sedang berenang menggunakan rambutnya yang panjang. Setelah menyeret korbannya ke dalam lubuk beberapa hari, barulah jasadnya akan muncul di permukaan sungai.

Keberadaan Duguak masih menjadi misteri. Ada sebagian masyarakat yang mengatakan, Duguak tergolong dalam makhluk astral atau gaib, dan ada juga yang mengatakan makhluk mitologi.

Abdullatif, salah satu masyarakat Kabupaten Seluma yang berpendapat, Duguak merupakan tergolong dalam makhluk halus atau gaib.

“Menurut saya itu salah satu cara syaitan untuk menyesatkan manusia,” ujar Abdullatif yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Dakwah dan Pengkajian Agama Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah, Senin (12/2/2024).

Diterangkannya dalil tentang syaitan dalam menyesatkan manusia, Alquran Surat Fatir ayat 6, yang artinya: “sesungguhnya syaitan itu musuh bagimu, maka anggaplah ia musuhmu, karna sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala”.

Akan tetapi, tidak sedikit masyarakat yang berpendapat Duguak merupakan makhluk mitologi.

Seperti yang disampaikan Rian Saputra. Menurutnya, Duguak hanyalah makhluk legenda yang belum ada kajian ilmiah yang menyatakan kebenaran keberadaanya.

“Di tempat saya ada orang yang bercerita bahwa pernah melihat Duguak, akan tetapi tidak ada bukti foto atau video,” ungkapnya. (Soni)