HEADLINEHUKUM KRIMINAL

10 Tersangka dan Barang Bukti Dilimpahkan ke Jaksa

×

10 Tersangka dan Barang Bukti Dilimpahkan ke Jaksa

Sebarkan artikel ini
Foto: tribratanews.babel.polri.go.id

BELITUNG TIMUR – Satuan Reserse dan Kriminal Polres Belitung Timur telah menyelesaikan pelimpahan tersangka dan barang bukti (Tahap II) perkara tindak pidana pertambangan ilegal kepada Kejaksaan Negeri Belitung Timur, Selasa (9/7).

Kapolres Belitung Timur melalui Kasat Reskrim, AKP Fatah Meilana, mengatakan penyelesaian Tahap II ini menandakan kemajuan signifikan dalam penanganan perkara pertambangan timah ilegal di wilayah Belitung Timur.

Hal ini merupakan hasil dari kerja keras dan sinergi antara Sat Reskrim Polres Belitung Timur dengan pihak terkait, termasuk Kejaksaan Negeri Belitung Timur.


“Tahap II ini dilakukan setelah berkas perkara dinyatakan lengkap oleh pihak Kejaksaan Negeri Belitung Timur,” kata dia.

Pada tahap ini, sepuluh orang tersangka yaitu SA, MS, FH, SDM, IWD, HS, NA, APG, ME, dan LS beserta barang bukti berupa 5 set ponton rajuk suntik dan 7 set rajuk suntik dilimpahkan kepada jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Belitung Timur.

“Para tersangka dijerat dengan Pasal 158 Juncto Pasal 35 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara,” beber dia.

Masih kata AKP Fatah, penanganan perkara pertambangan timah ilegal ini merupakan komitmen Kepolisian Resor Belitung Timur dalam menegakkan hukum dan menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Belitung Timur.

“Diharapkan dengan penyelesaian perkara ini dapat memberikan efek jera bagi para pelaku dan mencegah terjadinya kembali kegiatan pertambangan timah ilegal di masa depan,” kata dia. (*)

Sumber: tribratanews.babel.polri.go.id